Kamis, September 18, 2008

Aku, Musik & Guru Piano-ku

Wew, 13 September kemaren blog ini udah setaun mengudara lohh!



Gue suka banget sama musik. Dari kecil gue udah suka sama musik, berkat hidayah sang Ayah yang kerap memperdengarkan lagu Koes Plus waktu gue masih kecil. Waktu anak – anak kecil dulu diperdengarkan Bondan Prakoso yang nyanyiin Si-Lumba-Lumba-Makan-Dulu gue malah langsung diperdengarkan musisi legendaries sama Bokap. Jadinya waktu disuru nyanyi di TK bukannya nyanyiin “Bintang Kecil” malah bersenandung “Why do you love me? So Sweet… And tenderly…”, hehe gak lah… gak segitunya!

Selain Koes Plus, bokap juga meng-influence gue dengan lagu – lagu Jazz jadul sekelas Frank Sinatra, Pat Boone, Nat King Cole, sampe idola bokap gue gak ketingggalan, Lionel Richie. Yah, akhirnya Jazz jadi salah satu genre yang gue suka.

Untuk musik Indo, dulu gue suka sama Base Jam. Band ini yang bikin gue pengen bermusik. Lama kelamaan gue jadi suka sama band – band luar negri. Pertama Limpbizkit, trus Linkin Park, Audioslave, sampe akhirnya gue kecantol sama BritPop. Muse, Coldplay, Radiohead, Placebo, Kings of Convenience, Blur, wheew… banyak lah, tapi yang bener – bener kena banget sama gue sih Muse & Coldplay. Begitu masuk SMA, gue kenal sama Ridho yang ngeracunin gue Dream Theater dan Meizar yang sama – sama ngeracunin gue Jamiroquai. Namanya juga tukar pikiran. Tapi gue sendiri lama – lama ter-influence L’Arc~en~Ciel.

Untuk Instrument sendiri, sebenernya gue pengen maen gitar. Gahar banget waktu liat Matt Bellamy maen gitar + gitarnya sendiri udah berteknologi canggih. Tapi Piano lebih mencantol gue, karena gue liat dari beberapa musisi, kayaknya mereka keliatan soulful banget waktu ngeluarin harmonisasi lewat piano. Menurut survey, diantara sejumlah alat musik, Keyboard / Piano termasuk salah satu alat musik tersulit untuk dimaenin.

Untunglah gue bertemu sang Master, Febby (Heh, akhirnya bagian lu gue tulis juga nih, bi!). Yap, Febby sang Maestro mau menjadikan gue gue sebagai muridnya, gratis lagi! Awalnya sih gara – gara ide Echa waktu ngajak gue manggung di Prom. FYI, ajakan beberapa wanita gue tolak untuk datang Prom, tapi malah ajakan Echa yang gue setujui.

Waktu itu sih gue latiannya cuma 5 hari, tapi (kata orang bilang) hasilnya cukup nampol. Waktu itu bawain My Confession-nya Afgan, dapatkah anda bayangkan ketika seorang kibordis yang ter-influence band progressive tiba – tiba maen lagu melankolis? Bagusnya setelah itu gue malah dijadiin objek foto sama orang – orang…

Buat membalas kebaikan Febby, gue mao fotoin dia pas “ngamen” di Ritz Carlton Hotel. Ngamen di Hotel bintang 7!! Di kawasan elite juga!! Pertanyaan yang pertama terlintas, gue markir motor dimana? Emang disitu ada parkiran motor?

OK, gue gak mau bikin si Febby bingung, jadi gue datang kesana hanya bermodal nekad aja. Sebenernya gue disuru bareng dari rumah Febby, tapi sebelomnya gue ada kerjaan, jadinya gue kesana harus menerjang kepadatan lalu lintas Jakarta.

Soal parkiran itu masih jadi misteri buat gue, yaudahlah gue nelpon hotline Ritz Carlton aja kalo gitu.

Gue: tit tut tet tot tet tet tat tut (mencet nomer telpon)

…………..trrrttt……….trrrttt………….

Gue: Hal……
Mbaknya: Welcome to Ritz Carlton Hotel Jakarta, a luxury hotel in Indonesia. This is xx speaking, can help you?

… hening beberapa saat …

Gue: Mampus… ngemeng apaan yah gue??
Gue: Ehm… mbak, mo nanya, parkiran motor di Ritz Carlton dimananya yak?

Diprediksikan jantung si mbak ter-koclak-koclak karena menjawab pertanyaan bodoh dari gue. Tapi disisi lain kan gue juga tamu Ritz Carlton, dan tamu adalah raja!! Oke, percakapan kita lanjutkan~

Mbaknya: Gini yah mas, nanti lewatin depan lobby aja, disitu ada banyak satpam, trus minta ditunjukin aja sama satpamnya.
Gue: Oh makasih ya mbak.
Mbaknya: *langsung nutup telpon tanpa basa basi kaya awal tadi*

Dan cerita berlanjut…

Gue akhirnya berhasil mencapai kawasan Mega Kuningan, tapi ternyata Febby-nya belom nyampe, kena macet dia. Yaudah gue juga udah nyampe di depan pintu masuk Lobby seperti yang si-Mbak songong itu bilang, ada satpam juga!

Gue: Pak parkiran motor Ritz Carlton dimana yah pak?
Satpam Tengik: *ngeliatin gue dengan pandangan penuh under-estimate*
ST: Mas ke pertigaan situh, belok kiri, nahh, di belakang lapangan bola sono ada parkiran umum, mas parker disitu aja.
Gue: Nasiiibbb… makasi yah pak~

Pada beberapa situasi udah ada yang gue prediksi sebelumnya. Contoh soal pandangan under estimate tadi, trus soal wardrobe, gue jadinya pake jaket tukang ojeg ala Kotaro Minami + Polo shirt biar keliatan formal dikit + salah satu jeans gue yang rada – rada beres, dalam artian gak skinny + gak robek – robek. Selain itu, gue bawa kapas sama pembersih muka, *najis niat amat* takutnya bau knalpot kopaja, ntar malah gak boleh masuk. Kasian sama Febby-nyah.

Akhirnya gue menemukan suatu area yang dimaksud Satpam laknat itu “Parkiran”. Yah, parkiran motor karyawan hotel setempat. Bisa ngaso juga disitu, banyak tempat jualan makanan + teh botol. Dan kapas + pembersih muka itu berguna banget karena beneran muka gue kucel + bau knalpot. Gak lama Febby sms gue, gue disuru masuk aja dan tidak memesan makanan + minuman di lounge tempat Febby ngamen. Gak heran, Nasi goreng aja seratus ribu sepiring (dirumah gue tujuh ribu), Teh manis kalo gak salah seratus lima puluh ribu secangkir. What a crap.

Ya itulah sedikit pengalaman gue dengan musik berikut sama guru musiknya sendiri. Sekarang gue itungannya lagi berguru sama Febby, tapi gue juga disibukin sama kuliah, disinyalir hal itu yang membuat gue ngendok di scale G minor. Betapa tidak ber-skillnya gue…

Sedikit bocoran tentang kelakuan guru-ku dikala mengajar…

Narsis???

5 komentar:

jazmanyun mengatakan...

uwauw! sy g nyangka trnyata ka rejong ngefans sama saya.



k rejong suka musik Jazz(man) kan? sy buka sesi tanda tangan tiap hari ko ka.

...

oke.

Anonim mengatakan...

wah ka reza enggak ber-skill tapi jago juga yeakaaan? hahaha

Anonim mengatakan...

haah, muka lu mirip OB kalii makanya dkasih unjuk parkiran motor karyawan .. huehee
emng d hotel" ga ada parkiran motor ya? baru tau gue, hmmm .. *ngangguk ngangguk

dodol JBhd. mengatakan...

Aheelaah tu karyawan hotel brbintang emang suka belagu Jong. Mentang2 lo bw motor gt, dan mreka in charge melayani tamu yg notabene mewah bawa getek brmerek Volvo. Pdhl duit di dompet lo mngkn lbh banyak drpd satpam ntu. Hahaha.

Itulah org indonesia. Sabar ajee. Tu resepsionis jg rumahnya kontrakan pinggir kali, 1 rumah ber-6, blazernya pinjeman kantor hotel pula. Wakakakakak!

Anonim mengatakan...

ui reza buruan taro award ny di postingan lo