Jumat, Desember 04, 2009

Legenda Ompol di Bunderan Monas Part I

Hello brader n sister. Sepertinya saya kembali gila setelah ngepost lirik Butterflies & Hurricanes yang maknanya mendalam itu. Btw, adakah yang bisa kasi penjelasan kenapa bulan desember banyak orang yang merid?

Jakarta itu Ibukota Indonesia. Siapa yang tak tau?? Didalamnya banyak masalah ini – itu. Ditiap region pasti ada legenda sendiri – sendiri. Contohnya, di Ancol ada legenda si Manis Jembatan Ancol. Di Kemanggisan ada legenda Disko Rege Widuri. Di Pos Pengumben ada legenda Rejong Ganteng. Di Rawa belong ada legenda tangan pitung yang kalo malem suka jalan – jalan iseng mirip film Idle Hand, sama satu lagi legenda ketoprak si Ida yang konon katanya udah makan korban seorang balita kejedod spion mobil gara – gara hiperaktif, gak bisa diem. Legenda yang aneh.

Yang akan kita bahas kali ini tidak kalah aneh. Tapi walopun aneh, ya terima sajalah.
Kali ini kita akan membahas Legenda Ompol di Bunderan Monas.

Siapa warga Jakarta yang gak pernah lewat bunderan monas? Kalo sampe ada, gua kasian banget sama hidupnya. Makanya kalo tidur jidatnya diborehin bajitot dulu ya tong! Abis itu tigersprong tiga kali baru tidur!

WOKE! Jadiii… konon katanya, kalo kita muterin bunderan itu dari jalan Thamrin, kita pasti bakal ketemu sama penunggu itu bunderan, dan konon katanya lagi, abis ketemu penunggu itu duit kita bisa raib, tapi kalo lagi beruntung kita cuma gak bisa bergerak sampe beberapa saat.

Waktu itu di awal tahun 2009, gue sama Kacha mau ke mekdi Thamrin. Dulu disitu masih ada mekdonal yang buka 24 jam. Gue dari arah Senayan, waktu itu abis latihan softball. Niatnya mo ketemu sama Maria, tapi si Kacha pecentilan mo ikut, yauda gue angkutlah neak motor gue.

Tedededet…*ini suara motor loh* so far gak ada masalah, begitu gua muter di bunderan monas sampe ketemu lampu merah kedua di bunderan itu baru deh si penunggu itu menampakkan diri. Ya Allah mana gua mau pipis, ada Kacha, panas, lepek, ketemu yang beginian lagii. FYI kejadian ini terjadi tengah hari bolong loh!

Sebut saja penunggu itu dengan sebutan simbah. Si-em-bah.

Pertama – tama simbah minta sajen SIM C sama STNK, katanya gue melanggar rambu lalu lintas. Loh, ini apaaaa maksutnyaaa?? Padahal gak ada rambu, kalo ada ya gue pasti liat lah. Penunggu yang aneh. Tidak lupa minta sajen kedua, yaitu duit, karena gue bersalah – melanggar rambu lalu lintas gaib. Kalo gak dikasi duit, sajen pertama gue gak dibalikin. Alamakjang, apa maksud semua ini, yaudah gue emang gak ada duit waktu itu. Niatnya aja makan mekdi mo dibayarin Kacha. Yah mo gimana lagi, masa motor gua loakin? Yauda gue bilang, “Mbah saya gak ada duit Mbah, yauda kalo mau ditahan ya tahan aja deh, pasrah saya Mbah”.

Seperti host acara – acara kuis pada umumnya, simbah mempertanyakan keyakinan gue melepas dua surat yang cukup berharga dalam dunia perkendaraan itu. Kalo udah disita sama simbah bisa – bisa susah ngambilnya, di Komdak. Tapi sepertinya cara seperti itu gak mempan sama gue.

Simbah akhirnya mo nyita sim dan stnk gue, tapi simbah balik lagi balikin sim dan stnk gue yang tadi disita. Katanya motor gue gak berharga surat – suratnya, mending dia ngiloin ubi cilembu yang segede betis kuda. Penunggu yang aneh.

Jangan – jangan yang barusan itu OmPol. Kacha yang gue boncengin awalnya gak ngerti sama kejadian barusan. Pas di mekdi, gue certain sejelas – jelasnya, dia tertawa, terbahak – bahak, dan menyemburkan api eragon tepat ke muka saya.

Bersambung ke Part II



Vocabularies:

Kejedod = terbentur
Mekdi/mekdonal = McDonald Fasfood resto
Diborehin = dioleskan
Bajitot = balsem pijit otot
Tigetsprong = salah satu kegiatan atletik
Raib = hilang secara gaib
Tengah hari bolong = sekitar jam 12 siang, ketika matahari lagi terik – teriknya.
Ompol = Om polantas

5 komentar:

dodol JBhd. mengatakan...

Di Kemanggisan ada legenda Disko Rege Widuri.

kok gue baru tahu???? raaawk beware gue anak kemanggisan!

Reza Rahutomo mengatakan...

yang menciptakan itu gw, pari, dan bagus. ya lu taulah kejenuhan aktivis sma seperti apa,,,

Anonim mengatakan...

kayaknya gw kenal tu legenda Disko Rege Widuri. hahahahahahahaaa!!

wiiii~duriiii~(sambil membungkukkan badan, tangan diatas kepala bergoyang naik turun dengan sinergis, dan menari dengan kaki ngangkang memutar kesamping seperti sedang mengelilingi altar)

Janita mengatakan...

sedikit cuplikan percakapan di MSN...

Tata:
*Disko Rege Widuri??
Reza:
*wiiiiduriii engkaulah rembulaaaaann sayang
*hahahaha
Tata:
*aaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkhhhhhh

... (sunyi dalam keheningan malan)

dek siti mengatakan...

ih waw , sereeemm